Berkenalan dengan Dot Net Core

 Author : Nugroho R. Hadi .W, 07 April, 2018, Komentar



Kembali lagi dengan hadinug.net, bersama saya Nugroho R. Hadi. W, yups Blog ini hampir vakum sekitar 2 tahun lebih, dikarnakan berbagai hal dan alasan. Akhirnya malam ini saya bisa kembali menulis sedikit tentang flash back 2 tahun belakangan. Belakangan ini saya lebih fokus mempelajari tentang Microsoft Sofware dan Development. Banyak hal yang saya pelajari selama kurun waktu tersebut, oleh karna itu tetap stay tune di blog ini.



Kembali ke judul topik hari ini, yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Dot Net Core, kali ini saya akan membahas sedikit tentang  Dot Net Core , mulai dari:

  • Apa itu Dot Net Core?
  • Mengapa Mempelajari Dot Net Core?

Apa itu Dot Net Core?

Dot Net Core merupakan Platform Pengembangan Aplikasi dengan Tujuan Umum yang di Pelihara oleh Microsoft, Cross-Platform bisa dikembangkan dan berjalan dia atas Linux, MacOS dan yang pasti Windows. Dan saya pikir ini merupakan salah satu upaya dari Microsoft untuk menarik perhatian para pengembang Open Source diluar Microsoft pada umumnya.

Jadi apa saja karakter utama yang tertanam pada platform satu ini? 
  • Development yang fleksibel: Bisa di kembangkan secara modular dan fleksibel .
  • Cross-platform: Berjalan di Windows, MacOS dan Linux; dapat dipindah ke sistem operasi lain. Skenario Sistem Operasi (OS), CPU dan aplikasi yang didukung akan berkembang dari waktu ke waktu, disediakan oleh Microsoft, perusahaan lain, dan individu.

  • Command-line tools: Semua skenario produk dapat dilakukan melalui Command-line tools.

  • Compatible: .NET Core kompatibel dengan .NET Framework, Xamarin dan Mono, melalui .NET Standard.

  • Open source: .NET Core platform adalah open source, menggunakan lisensi MIT dan Apache 2. Dokumentasi berlisensi di bawah CC-BY. .NET Core adalah proyek .NET Foundation.
  • Didukung oleh Microsoft: .NET Core didukung oleh Microsoft.

Mengapa Mempelajari Dot Net Core?

Salah satu dari banyak alasan mengapa saya mempelajari dotnet core adalah Performa. Bahkan ini di kalim sebagai Versi Dot Net tercepat yang pernah ada.

Using the same-size server, we are able to go from 1.000 request per second per node with Node.js to 20.000 request per second with Dot NET Core
 
-RayGun


Pastinya best tools untuk pengembangan aplikasi .NET Core yang most recomended adalah Visual Studio 2017. Bagi anda yang sebelumnya sudah terbiasa dengan .NET Framework mempelajari .NET Core bukanlah hal yang sulit. Pengembangan aplikasi dengan menggunkan .NET Core, anda bisa melakukannya dengan berbagai model seperti Client, MVC, Api, bahkan jika anda terbiasa dengan model pengembangan aplikasi SPA (Singgle Page Application). Pada pengembangan Dot Net Core  dengan Visual Studio, tersedia banyak Template yang bisa di pake langsung. 


  • Merupakan Versi tercepat .Net yang pernah ada
  • Lebih banyak Api yang tersedia
  • Lebih banyak Project Template yang tersedia
  • Lebih banyak Distro
  • Model Packaging yang lebih simple dan ringan
  • Bisa dikembangkan dengan banyak pilihan IDE, VS Code, VS Studio, VS for Mac
    dan yang pasti banyak hal baru dan Improvement di alat pengembangan Visual Studio 2017
  • Support untuk Visual Studio for Mac.

Trend Kontributor .NET Core pada tahun 2017




Ada banyak kontributor baik secara Personal maupun Corporate dan berikut beberapa vendor besar seperti Samsung, Google, RedHat, Unity dan JetBrain yang turut berkontibusi dalam pengembangan platform satu ini. Survey Stack-Overflow Tahun 2018 untuk kategori Framework, .NET Core berada pada urutan ke-4.



Dot NET Core 2.0

Ya, saat ini versi terakhir .NET Core 2.0, versi ini release pada bulan Agustus 2017 dengan banyak sekali fitur-fitur dan keunggulan yang ada pada versi ini. Lebih detail tentang .NET Core 2.0 akan saya bahas pada tutorial selanjut nya.

Mulai tertarik untuk development di .NET Core?  Saya berharap anda mulai tertarik dan mulai menginstall .NET Core dan Visual Studio di komputer anda. Next, saya akan menulis banyak tutorial tentang development aplikasi dengan .NET Core dengan Visual Studio dan Azure. So jangan lupa mulai subscribe blog ini 

 
Bagikan halaman ke sosial media
 
Tags :   Dot Net Core       

Tentang Penulis

writer Nugroho R. Hadi .W
Lead Sofware Developer di PT. Yafii Solusi Internasional

Link: http://www.hadinug.net/

   Komentar Anda