wrapper.js, Javascript Library Sederhana dengan jQuery

 Author : hadinug, 12 February, 2014, Komentar


Beberapa tahun yang lalu, saat mulai hendak mengembangkan produk cms, saya sempat membuat library javascript sederhana untuk kebutuhan development CMS yang akan saya buat waktu itu. Di awal saya hanya mencoba membuat bebrapa core library saja seperti, ajax, collapse, dropdown, tooltip, validation, dan crud.


Di-versi awal pembuatan saya masih menggunakan jQuery 1.7.2, sehingga untuk versi javascript diatas nya belum suport. Js Wrapper ini saya buat, terinspirasi dari bootsrap.js yang banyak digunakan oleh developers website diluar sana. 


Tujuan pembuatan js wrapper ini selain untuk pengembangan CMS yang saya buat, juga untuk sekedar exsist dan menunjukan pada orang diluar sana, bahwa saya pun bisa untuk membuat hal yang mirip seperti bootstrap atau sejenis nya.

Read More

Penggunaan Trait dan Array Di PHP 5.4

 Author : hadinug, 12 February, 2014, Komentar

php logo


Salah satu fitur baru dan hasil perbaikan dari beberapa fitur sebelumnya adalah penggunaan trait, penulisan syntax array secara ringkas, penggunaan closure $this, tanda <?= yang selalu aktive dan masih banyak lagi.


Sekitar 100 bugs lebih telah fix pada php versi 5.4 ini. Jika pada versi php sebelum nya penggunaan <?= sering depricate atau bermasalah, maka pada php 5.4 hal ini tidak lagi. Selain itu php 5.4 juga selalu menggunakan caracter-set="UTF-8" tanpa kita harus mendevinisikan pada tag HTML.

Read More

X-View Presentation, Slide Web Presentasi Dengan Javascript

 Author : hadinug, 12 February, 2014, Komentar

Beberapa hari yang lalu sepulang dari kuliah, di perjalanan saya sempat berfikir untuk membuat sebuah presentasi yang agak sedikit berbeda dengan yang lain. Jika pada umumnya orang menggunakan powerpoit atau libree office untuk presentasi, kini saya coba membuat slide presentasi dengan php dan javascript.


Terlihat memang sedikit agak konyol, namun saya senang menjadikan nyata ide sederhana yang muncul di kepala saya. Pada X-View presentasi ini, saya mencoba membuat semirip mungkin penggunaannya (bukan pembuatan slide) seperti power point, seperti penggunaan kursor, animasi dan suara.

Read More

Membuat Tooltip Dengan jQuery #2

 Author : hadinug, 11 February, 2014, Komentar

Jika pada halaman sebelum nya di bagian#1, membuat tooltip dengan jQuery di tampilkan pada bagian atas nya dan tanpa pilihan alternatif posisi tampilnya tooltip, maka pada halaman ini kita akan belajara bagaimana cara menambahkan sebuah alternatif posisi tooltip.

Caranya bagaimana?, caranya yaitu dengan menambahkan attribute tooltip-position. Kita coba dengan 4 pilihan posisi yaitu: top, right, bottom dan left.
Selanjutnya apa yang akan kita lakukan?, yang akan kita lakukan adalah memodifikasi script tooltip pada bagian pertama dan menjadikannya sebagai berikut:

Read More

Membuat Tooltip Dengan jQuery #1

 Author : hadinug, 10 February, 2014, Komentar

Salah satu dari sekian banyak bahasa yang berjalan di sisi client yang paling banyak digunakan sampai saat ini adalah javascript. Hampir semua website yang online saat ini menggunakan javascript sebagai bahasa action script.


JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang kemudian namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.


Read More

 
Pages‹ First  < 19 20
 
Archive
Postingan Terbaru