Class di Python

Jika ada sesuatu yang telah dilakukan sebelumnya dalam sebuah program, mengapa Anda harus melakukannya lagi? Anda sudah punya kode untuk melakukan sesuatu yang istimewa. Sekarang Anda ingin melakukannya lagi. Anda menempatkan kode khusus ke dalam fungsi, dan menggunakannya secara berulang. Anda dapat merujuk ke salah satu fungsi di mana saja dalam kode Anda, dan komputer akan selalu tahu apa yang Anda mau.

Tentu saja, fungsi memiliki keterbatasan mereka. Fungsi tidak menyimpan informasi seperti variabel lakukan - setiap kali fungsi dijalankan, semua akan dimulai lagi. Namun, fungsi dan variabel tertentu terkait satu sama lain dengan sangat erat, dan harus berinteraksi satu sama lainnya. 

Masalah-masalah yang saya sebutkan diatas dapat dipecahkan dengan object-oriented-pemrograman. Dimana pada OOP, kita menempatkan fungsi dan variabel bersama-sama, dimana tiap-tiapnya bisa melihat satu sama lain dan bekerja sama, direplikasi, dan diubah sesuai kebutuhan. Dan disini, kita menggunakan sesuatu yang disebut 'class' untuk melakukan hal ini.

Membuat Class
Apa itu class? Pikirkan sebuah class sebagai cetak biru. Hal ini bukan sesuatu dalam dirinya sendiri, ini hanya menjelaskan cara membuat sesuatu. Anda dapat membuat banyak objek dari blue print yang anda buat. Sebagai sebuah contoh.
# Define sebuah class
class class_name:
    [statement 1]
    [statement 2]
    [statement 3]
    [etc]

Contoh program
#Contoh sebuah class
class Shape:
    def __init__(self,x,y):
        self.x = x
        self.y = y
    description = ""
    author = ""
    def area(self):
        return self.x * self.y
    def perimeter(self):
        return 2 * self.x + 2 * self.y
    def describe(self,text):
        self.description = text
    def authorName(self,text):
        self.author = text
    def scaleSize(self,scale):
        self.x = self.x * scale
    self.y = self.y * scale

Berikut, sedikit penjelasan tentang kode diatas. Class yang kita buat diatas tidak membuat bentuk yang sebenarnya, hanya gambaran atau cetak biru dari bentuk apa yang kita ingin buat. Bentuknya memiliki lebar (x), tinggi (y), dan area dan perimeter (area (self) dan perimeter (self)). Tidak ada yang kode dijalankan ketika Anda mendefinisikan kelas - Anda hanya membuat fungsi dan variabel.

Fungsi yang disebut __init__ dijalankan ketika kita membuat sebuah instance dari class Shape - yaitu, ketika kita membuat bentuk yang sebenarnya. Anda akan memahami bagaimana ini bekerja nanti.

self mengacu pada hal-hal tertentu di class dari dalam dirinya sendiri. self adalah parameter pertama dalam fungsi yang didefinisikan di dalam classs. Setiap fungsi atau variabel dibuat pada tingkat pertama. Untuk mengakses fungsi dan variabel lain dalam kelas, nama mereka harus diawali dengan self dan diikuti dengan nama variable pada class.

Menggunakan class
Berikut adalah contoh, dari apa yang telah kita buat sebelumnya, yaitu sebuah instance dari class:
rectangle = Shape(100,45)

#luas persegi panjang Anda:
print rectangle.area ()

#perimeter persegi panjang Anda:
print rectangle.perimeter ()

#menjelaskan persegi panjang
rectangle.describe ("Sebuah persegi panjang dengan lebar, lebih dari dua kali tinggi")

#membuat persegi panjang 50% lebih kecil
rectangle.scaleSize (0,5)

# mencetak ulang persegi panjang
print rectangle.area ()

 
Bagikan halaman ke sosial media
 
 
 

   Komentar Anda