Tuples, Lists, dan Dictionaries

Kali ini kita akan mempelajari bagaimana menyimpan daftar panjang sebuah informasi, yang tidak berubah dari waktu ke waktu? Katakanlah, misalnya, nama-nama bulan dalam setahun. Atau mungkin daftar panjang informasi, yang tidak berubah dari waktu ke waktu? Katakanlah, misalnya, nama-nama semua kucing Anda. Atau bagaimana dengan buku telepon? Untuk itu Anda perlu melakukan sedikit referensi - Anda akan memiliki daftar nama, yang melekat pada masing-masing nama, nomor telepon. Bagaimana Anda akan melakukannya?


Solusinya dengan python kita bisa menggunakan - List, tuples, dan Dictionary. Python menggunakan tiga solusi yang berbeda untuk kasus yang kami sebutkan diatas - tuples, list, dan dictionary:

  1. List diartikan daftar - seperti sebuah daftar nilai. Masing-masing dari mereka diberi nomor, mulai dari nol - yang pertama adalah nomor nol, kedua -> 1, ketiga -> 2, dll Anda dapat menghapus nilai dari daftar, dan menambahkan nilai-nilai baru sampai akhir. Contoh: nama-nama kucing yang anda miliki.

  2. Tupel hampir sama seperti daftar, tetapi nilai-nilai nya tidak dapat diubah. Nilai-nilai yang Anda berikan pertama sampai terakhir, adalah nilai-nilai yang tetap. Sekali lagi, setiap nilai bernomor mulai dari nol, untuk kemudahan referensi. Contoh: nama-nama bulan dalam setahun.

  3. Dictionary mirip dengan namanya - ini merupakan kamus. Dalam kamus, Anda memiliki 'index' kata-kata, dan untuk masing-masing definisi. Dalam python, kata disebut 'key', dan didefinisikan dengan 'value'. Nilai-nilai dalam kamus tidak bernomor - tare mirip dengan penamaannya - kamus. Dalam kamus, Anda memiliki 'index' kata-kata, dan untuk masing-masing definisi. Dalam python, kata disebut 'key', dan definisi disebut dengan 'value'. Anda dapat menambahkan, menghapus, dan memodifikasi nilai dalam kamus. Contoh: buku telepon.

Tuples
Tuple cukup mudah untuk dimbuat. Definisikan nama tuples, kemudian isikan nilainya. Misalnya, contoh sederhana pendefinisian tuples di python untuk  bulan:
months = ('January','February','March','April','May','June','July','August','September','October','November','  December')

List

Sangat mirip dengan tupel. Isinya bisa dimodifikasi (atau 'bisa berubah'), sehingga dengan kata lain nilai-nilai mereka dapat diubah sewaktu-waktu.  Misal anda memiliki lima kucing, yang disebut Tom, Snappy, Kitty, Jessie dan Chester. Untuk menempatkan mereka dalam daftar, Anda akan melakukan hal ini:

cats = ['Tom', 'Snappy', 'Kitty', 'Jessie', 'Chester']


Mencetak daftar list bisa dilakukan dengan cara berikut:

print cats[2]


Hasilyang di tampilkan adalah Kitty

Untuk menambah daftar list, bisa dilakukan dengan cara berikut:

cats.append('Jojon')


Bagaimana jika kita ingin menghapus salah satu dari daftar nama kucing tadi?. Misal kita ingin menghapus kucing dengan nama 'Snappy'. Cara nya sangat mudah, lihat kode berikut:

del cats[1]


Dictionary

Dictionary atau kamus bisa didefinisikan atau di buat dengan cara berikut:

phonebook = {'Jojon':8806336,'Udin':6784346, 'Simon':7658344,'Pace':1122345}


Sama halnya dengan list, dictionary juga bisa ditambah, diubah, dan dihapus. Berikut ini cara bagaimana menambah, mengubah dan menghapus dictionary:

- menambah dafar kata di dictionary:

phonebook['tukiyem'] = 09093837

- mengubah nilai dari daftar

phonebook['jojon'] = 8729273

- menghapus niai dari daftar

del phonebook['jojon']



 
Bagikan halaman ke sosial media
 
 
 

   Komentar Anda